Kamis, 09 Juni 2016

PENYERAHAN BANTUAN BENIH SEBAR NILA JATIMBULAN DI KODIM 0829 BANGKALAN


 
          Kegiatan penyerahan bantuan benih sebar Nila Jatimbulan ke Komando Distrik Militer 0829 Bangkalan merupakan wujud kerjasama antara Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur dengan TNI Angkatan Darat di wilayah provinsi Jawa Timur. Pelaksanaan penyerahan bantuan benih sebar ini dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2016. Jumlah benih sebar Nila Jatimbulan sebanyak 10.000 ekor dengan ukuran  2-3 cm.
Sebelum pelaksanaan penebaran benih dilakukan pengecekan kualitas air kolam apakah sesuai untuk kegiatan budidaya ataukah tidak. Kolam budidaya yang digunakan sebanyak 2 buah kolam dengan ukuran 5 x 6 m2 dan 6 x 8 m2. Dari hasil cek kualitas air diperoleh data sebagai berikut :
Oksigen terlarut      : 5.3 dan 5.8 ppm
pH                          : 8.2 dan 7.9
Suhu                      : 31.3 0C dan 30.5 0C

 Pengukuran kualitas air pada kolam budidaya
Berdasarkan kualitas air pada kolam tersebut menunjukkan bahwa kualitas air baik untuk budidaya ikan nila.
          Penyerahan bantuan benih nila Jatimbulan dan SPO (Standar Prosedur Operasional) dari UPT PBAT Umbulan diwakili oleh Bapak Fauzan dan Bapak Arif Sisbiantoro, A.md dan  diserahkan kepada Kapten Inf. Markuwat (Pasi Log Distrik Militer 0829 Bangkalan. SPO (Standar Prosedur Operasional) sangat berguna untuk dijadikan dasar/ metode bagi anggota KODIM 0829 Bangkalan dalam pelaksanaan budidaya mulai dari awal hingga panen. 
 Penyerahan benih Nila Jatimbulan
          Selain itu juga, diberikan bimbingan teknis budidaya ikan nila kepada anggota KODIM 0829 untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam budidaya ikan Nila Jatimbulan. 

Penebaran benih pada kolam 1
Penebaran benih pada kolam 2




Tidak ada komentar:

Posting Komentar