Jumat, 13 Mei 2016

PELATIHAN BUDIDAYA NILA



PELATIHAN BUDIDAYA NILA
Oleh : Jila Suliastini, S.Pi


         Dalam rangka mendukung peningkatan produksi perikanan budidya sekaligus meninkatkan wawasan dan pengetahuan bagi pembudidaya ikan di Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, maka Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Nila Tahun anggaran 2016 yang diselenggarakan di UPT Pengembangan Budidaya Air Tawar (PBAT) Umbulan pada tanggal 10 - 12 Mei 2016.

           Peserta Pelatihan Budidaya Nila di UPT Pengembangan Budidaya Air Tawar Umbulan sebanyak 24 orang yang berasal dari 13 Kabupaten di Jawa Timur, antara  lain Kabupaten Kediri         2 orang, Kabupaten Blitar 2 orang, Kabupaten Sampang 2 orang, Kabupaten Lumajang 2 orang, Kabupaten Magetan 2 orang, Kabupaten Pacitan 2 orang, Kabupaten Madiun 2 orang, Kabupaten Gresik 2 orang, Kabupaten Banyuwangi 2 orang, Kabupaten Pasuruan 2 orang, Kota Probolinggo 2 orang, Kota Pasuruan 2 orang.
           Nama Instruktur dan judul materi yang disampaikan pada Kegiatan Pelatihan Budidaya Nila adalah sebagai berikut :
1.   Suprapto, S.Pi                            : Sarana dan Prasarana Budidaya Ikan
2.   Dewi Nur Setyorini, S.Pi, M. Ling : Makanan Ikan
3.   Jila Suliastini, S.Pi                      : Pemilihan Benih Ikan Yang Baik
4.   Iswahyudi, S.Pi, MP                    : CBIB
5.   Luluk Rusdianah, A.Md               : Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan Air Tawar 

Selain pemberian materi oleh para instruktur pelatihan, para peserta pelatihan juga mengikuti praktek antara lain : praktek pembuatan pakan mandiri, praktek pengenalan dan pengukuran kualitas air, praktek pengolahan lahan, praktek pemilihan benih yang baik.
 
 
            Pada kegiatan Pelatihan Budidaya Nila telah dilaksanakan kegiatan Pre Test dan Post Test. Kegiatan Pre Test dilaksanakan sebelum kegiatan di mulai dan kegiatan Post Test dilaksanakan pada akhir kegiatan pelatihan. Kegiatan Pre Test dan Post Test ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta pelatihan sebelum pelatihan dan sesudah pelatihan apakah semakin meningkat kemampuan ketrampilannya ataukah tidak. Dari hasil penilaian terhadap peserta Pelatihan Budidaya Nila dapat disimpulkan bahwa pada Pre Test kemampuan Peserta Pelatihan terhadap materi adalah 40 %, hasil kemampuan Peserta Pelatihan Post Test terhadap materi meningkat menjadi 90 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta pelatihan meningkat sebanyak 90 % setelah mengikuti pelatihan. Di dalam ruang kelaspun peserta terlihat aktif dan respon terhadap materi yang diberikan dan sudah tercipta komunikasi dua arah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar